Bisnis Plan Usaha Salon & SPA

Cara Membuat Bisnis Plan Usaha Salon Kecantikan Beserta Rincian Modal

Pada rubrik bisnis kali ini, saya akan menyampaikan proposal usaha salon kecantikan dan juga disertai ulasan lengkap mengenai prospek dan permodalannya.

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membuka salon adalah :

  • Cari tempat yang strategis
    Kunci dari semua bisnis adalah 3L = Lokasi, lokasi, lokasi. Tanpa lokasi yang stragtegis, sebaiknya anda tunda dulu bisnis salon Anda. Matangkan dalam pencarian lokasi sebelum membuka usaha
  • Perijinan Legalitas
    Pastikan mendapatkan perijinan lengkap demi kelancaran usaha. Kelengkapan ijin dari awal akan sangat membantu jika kelak usaha Anda tumbuh besar.
  • Sediakan Modal yang cukup.
    Mulai dari modal awal, modal bahan, dan modal operasional. Lebih detailnya akan saya bahas dibagian bawah dari artikel ini.
  • Tenaga ahli.
    Salon adalah usaha jasa, jadi keahlian tenaga kerja Anda adalah hal yang sangat vital. Kadang ada pelanggan yang sangat setia dengan tukang potongnya, bukan pada salonnya. Karenanya, semakin bagus tenaga ahli yang Anda miliki, peluang sukses akan besar.
  • Pemasaran
    Pemasaran yang unik dan menarik akan mendatangkan pelanggan di awal usaha Anda. Pastikan rencanakan pemasaran dengan sangat baik

Modal Usaha Salon Kecantikan

Kursi salon khusus 3 unit @ Rp 2,500,000,-
Pemanas rambut jika diperlukan 1 unit @ Rp 2.000.000,-
Hairdryer 3 unit @ Rp 250.000,-
Dipan tempat facial 2 unit @ Rp 2.000.000,-
Meja dan pancuran cuci rambut 2 unit @ Rp 1.500.000,-
Cermin besar 3 unit @ Rp 1.000.000,-
Troley peralatan salon 1 unit @ Rp 1.000.000,-
Lemari etalase kaca 1 unit @ Rp 2.750.000,-
Peralatan salon berupa sisir, set manicure-pedicure, gunting, handuk 1 unit @ Rp  2.000.000,-

Estimasi Biaya Usaha Bulanan

Pembelian bahan bulanan Rp. 3.000.000
Listrik Air Telepon Rp. 3.000.000
Gaji Rp. 1.000.000
Biaya Promosi Rp. 1.000.000
Biaya Tak Terduga Rp. 500.000

Estimasi Pendapatan Per Bulan

Charge per pelanggan datang adalah Rp. 50.000
Estimasi 300 orang per bulan

Estimasi Laba Rugi Bersih Tahun Pertama

Pendapatan 180jt
Biaya Bahan 36jt
Biaya Usaha 59jt
Laba Bersih 49jt tes tes1

Jika tahun pertama berhasil membukukan laba, kemungkinan besar tahun berikutnya akan berlipat keuntungannya, asalkan pelanggan terus dijaga dan dimanjakan.

Rencana Bisnis (Business Plan), meliputi :
A. Dasar Pemikiran
B. Maksud dan Tujuan
C. Aspek Produksi/Usaha/Teknis
D. Aspek Pasar dan Pemasaran
E. Aspek Sumber Daya Manusia
F. Aspek Keuangan
A.Dasar Pemikiran
Berbusana muslimah saat ini sudah menjadi tren. Namun, tak hanya sampai difesyen saja. wanita-wanita muslimah sekarang pun juga tak kalah ingin cantik denganperawatan wajah dan kulit ala salon. Tampil cantik dan sehat dengan memanfaatkan fasilitas perawatan salon pasti ingin didapatkan oleh semua kaum wanita, takterkecuali wanita muslimah. Belum lagi aktivitas yang padat dan tuntutan peran yang tinggi, menyebabkan para muslimah perlu meluangkan waktu sejenak untuk rileks danmenyegarkan pikiran. Dengan tubuh dan pikiran yang fresh, aktivitas sehari-harimenjadi lebih indah dan bermakna.Itulah mengapa pergi ke salon untuk perawatan kini menjadi kebutuhan dasar bagi setiap muslimah. Untuk mendapatkan tempat yang nyaman dan dapat menjagaprivasi menjadi syarat penting bagi muslimah yang ingin mendapatkan pelayanan disebuah salon. Secara lahiriah, wanita selalu ingin tampil cantik. Beragam cara yang bisa ditempuh untuk itu, salah satunya dengan menggunakan layanan salon
kecantikan. Merasakan cantik yang maksimal dari sekadar perawatan biasa merupakan dambaan kaum hawa yang melakukan perawatan di salon. Pasalnya,salon dipercaya memiliki tenaga terampil, bahan-bahan nan lengkap serta fasilitasyang memadai untuk tujuan itu
B.Maksud dan Tujuan
Kebutuhan untuk cantik dengan wajah dan kulit yang terawat sudah pastidiinginkan semua wanita. Namun, tak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang diinginkan kaum muslimah. Keinginan untuk mendapat perawatan kecantikan dalam situasi yang nyaman tanpa berbaur dengan kaum pria menjadi halpenting bagi kaum muslimah sesuai dengan keyakinan mereka. Peluang inilah yangdilihat menjadi dasar untuk berbisnis menjadi salon muslimah. Salon yang berkonsep syari’ah, mengkombinasikan kecerdasan spiritual, emosional dan ketrampilan dalammelayani serta mutu pelayanan berkwalitas bagus dengan harga yang murah,ditujukan untuk merawat rambut, kecantikan & spa para muslimah khususnya danwanita pada umumnya.
C.Produk Bisnis/Usaha
Latar belakang Usaha dan Sejarah
Kebutuhan untuk cantik dengan wajah dan kulit yang terawat sudah pasti diinginkan semua wanita. Termasuk penulis, namun tak semua salon mampu memenuhi kebutuhan perawatan yang diinginkan kaum muslimah. Demikian juga banyak dari teman-teman penulis yang yang menginginkan kenyamanan keinginanuntuk mendapat perawatan kecantikan dalam situasi yang nyaman tanpa berbaur dengan kaum pria menjadi hal penting bagi kaum muslimah sesuai dengan keyakinan mereka. Saya kerap mendengar keluhan para wanita yang kesulitan mencari salonkhusus muslimah. Apalagi untuk daerah tempat tinggal saya, yaitu di Pamulang, salon muslimah masih jarang.Dengan berdasarkan hal tersebut maka penulis semakin yakin bahwa peluangbisinis salon muslimah sangat menjanjikan. Apalagi ditambah dengan jumlahpenduduk di Pamulang sebagian besar adalah beragama Islam.
Kompetitor
Bisnis salon memang sudah menjamur di mana-mana. Namun, salon yang khususmenyasar kaum muslimah muslim berkerudung terbilang masih sedikit. Untuk wilayahkota Pamulang, kota penulis bertempat tinggal, sampai dengan saat ini salonmuslimah masih jarang, padahal permintaan salon khusus seperti ini masih sangatbesar. Sehingga pesaing utama adalah salon-salon biasa pada umumnya. Dan, ini yg membuat bisnis salon tersebut cukup menjanjikan. Usaha ini punya prospek cerah.
Keunggulan
Di salon muslimah, kebutuhan mereka terakomodasi. Jika di salon umum segan membuka kerudung atau jilbab misalnya, maka di salon muslimah bisa menikmatilayanan dengan nyamannya. Pasalnya, selain tenaga kerja di salon muslimah adalahkaum wanita, pun pria tak diperkenankan memasuki ruang layanan / perawatan. Jika kebutuhan privasi sudah terpenuhi, maka urusan selanjutnya adalah treatment yangditawarkan. Namun, salon muslimah yang umumnya dijumpai tak semuanya bisa memberikan pelayanan komplit, fasilitas lengkap serta dukungan tenaga terampil.Inilah peluang yang dilirik pengusaha salon muslimah. Yakni dengan menyediakan perawatan seperti pada salon umumnya namun dengan benar-benar memperhatikan kenyaman kaum muslimah sebagai pelanggannya.Bagi yang menjadi anggota/member akan mendapatkan potongan harga, biayauntuk menjadi anggota adalah Rp. 100.000, dan bisa diperpanjang setiap tahunnya.Harga yang ditawarkan cukup kompetitif jika dibandingkan dengan harga yangditawarkan dipasaran. Di bawah ini adalah daftar harga layanan yang diberikan:
DAFTAR HARGA PERAWATAN
“Windra’s Salon”

Perawatan Wajah Normal Member
Facial Vitaly Mask / Jala 50,000 45,000
Facial Miracle Mask / Topeng 57,500 51,750
Facial Gingseng / Green Tea Mask 67,500 60,750
Facial Lumpur Laut Mati 57,500 51,750
Facial Virgin Coconut Oil (VCO) 45,000 40,500
Facial Sariayu 40,000 36,000
Facial Biokos 52,500 47,250
Facial Biokos Anti – Wrinkle 57,500 51,750
Facial Latulip 52,500 47,250
Facial Ristra 52,500 47,250
Perawatan Rambut Normal Member

D.Pasar dan Pemasaran

Sasaran pasar yang dibidik adalah para perempuan mulismah dari berbagaimacam kalangan dan usia. Pelanggan yang diharapkan terbesar adalah datang darisekitar lokasi usaha. Pelanggan yang diharapkan datang pada salon ini terdiri dari tigakelompok besar, yaitu :
-Wanita mulismah dewasa, yang merupakan ibu-ibu muda dan karyawan-karyawanwanita yang berada di sekitar lokasi. Ciri spesifik dari pelanggan golongan iniadalah mereka mementingkan kualitas dan image, dengan unsur-unsur kualitas yang diinginkan terutama adalah : kerapihan, profesionalitas, kerapihan, danpelayanan.
-Wanita muslimah muda, yang merupakan mahasiswa-mahasiswa wanita darisekolah tinggi dan akademi-akademi yang berada di sekitar lokasi. Ciri spesifik daripelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan kecepatan dari pelayananyang diberikan, dengan unsur-unsur kualitas yang diinginkan terutama adalah : kecepatan, kesantaian/ rileks, dan kesupelan.
-Remaja wanita, yang merupakan siswa-siswa wanita yang berasal dari sekolah-sekolah menengah SMU/SMP yang berada di sekitar lokasi usaha. Ciri spesifikdari pelanggan golongan ini adalah mereka mementingkan trend yang berubah-ubah setiap saat, dengan unsur-unsur kualitas yang terutama adalah : penguasaanakan trend yang tidak ketinggalan.
Promosi sangat penting di dalam salon, karena orang akan tahu/mengenal, mencoba apabila puas, akan datang kembali. Adapun strategi pemasaran yang dilakukan adalah dengan dengan melakukan promosi yang efektif untuk menarik pengunjung antara lain menetapkan tarif yang kompetitif, adanya variasi jasapelayanan seperti rias pengantin, persewaan gaun pengantin, melayani panggilan kerumah, dan sebagainya. Selain itu juga aktif memperkenalkan melalui forum pengajian,arisan, menyebar brosur pada acara-acara keagamaan, tempel di kampus-kampus,masjid, memasang spanduk, dan lain-lain. Dan juga memanfaatkan internet dengan membuka blog.
E.Sumber Daya Manusia untuk Bisnis Salon
Usaha salon yang akan dibentuk ini, karena merupakan usaha kecil masih membutuhkan sedikit tenaga kerja dan dengan manajemen personalia yangsederhana. Orang-orang yang berperan dalam usaha ini adalah sebagai berikut :
1.Pemilik.
2.Kepala salon, bertugas :
 Membuat manajemen salon yang efektif dan efisien
 Mengawasi dan mengontrol seluruh karyawan dan memacu prestasi mereka
3.Staf Keuangan, bertugas :
 Membuat laporan penghasilan harian.
 Menerima setoran dari kasir dan menyimpannya
 Mengatur pengeluaran dan membuat laporannya.
4.Kepala Hair Stylist, bertugas :
 Menangani langganan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus,misalnya menggunting rambut, mengkriting, mengecat rambut, dan lain-lain.
 Mengawasi pekerjaan para pegawai salon.
 Mengontrol stok dan menangani pembelian bahan-bahan salon dan peralatansalon yang kurang/telah habis
5.Hair Stylist senior, bertugas :
Menangani langganan yang membutuhkan pelayanan dengan keahlian khusus.
6.Karyawan salon, bertugas :
Menangani pelanggan yang tidak membutuhkan pelayanan dengan keahliankhusus, misalnya mancuci rambut, blow sederhana, creambath, dll.
F.Keuangan
1)Sumber dan Alokasi Modal
Modal atau sumber dana berasal dari dana sendiri sebesar Rp.100.000.000,00. Dana tersebut digunakan untuk rangkaian pekerjaan sebagai berikut :
1.Penyiapan dana dan rencana bisnis
2.Renovasi/perbaikan dan pembuatan interior salon
3.Penyediaan peralatan meubel salon.
4.Pencarian tenaga kerja baik yang telatih maupun tidak terlatih
5.Penyediaan peralatan dan bahan-bahan salon.
6.Pemasaran di berbagai media promosi, baik spanduk, brosur-brosur, programdiscount, media radio, surat kabar, dll
7.Pembukaan, operasional dan pelayanan yang terbaik.
Secara rinci perkiraan penggunaan dana investasi tersebut adalah sebagai berikut :
PERENCANAAN INVESTASI
“Windra’s Salon”

PEKERJAAN BIAYA
1. Penyiapan dana dan rencana bisnis. Rp.1.500.000,00
2. Biaya sewa 3 tahun (@ Rp. 9.000.000,00) Rp.27.000,00
 3. Renovasi/ perbaikan dan pembuatan interior salon. Rp. 12.000.000,00
 4. Penyediaan peralatan meubel salon. Rp. 10.000,00
 5. Penyediaan peralatan operasional salon. Rp. 9.000.000,00
 6. Penyediaan bahan-bahan salon. Rp. 5.000.000,00
 7. Pencarian tenaga kerja Rp. 1.000.000,00
 8. Pemasaran di berbagai media promosi. Rp. 3.500.000,00
9. Pembukaan dan operasional Rp. 1.000.000,00
TOTAL Rp. 70.000.000,0

2)Daftar Kebutuhan Barang Modal Bisnis Salon

Dari penggunaan dana di atas yang termasuk barang modal adalah interior salon,peralatan meubel salon, peralatan operasional salon, dan bahan-bahan salon.Secara rinci barang-barang modal yang dibutuhkan adalah :

 a. Interior salon, dengan perician sebagai berikut :  
– Pengecatan tembok dan penyediaan partisi-partisi
– Hiasan-hiasan dinding-Lemari dinding
– Persediaan air (air panas dan air dingin)
– Lampu-lampu biasa dan lampu hias.
b. Peralatan meubel salon :
– Meja pajangan dan kasir 1 set
– Komputer 1 set
– Meubel untuk kantor (meja dan kursi) 1 set

3)Perkiraan biaya tetap untuk satu bulan adalah :
1. Biaya listrik, air, telepon, dan restibusi Rp. 500.000,00
2. Biaya gaji Rp. 4.600.000,00
3. Biaya penggantian peralatan Rp. 100.000,00
4. Biaya pemasaran Rp. 100.000,00
Total biaya tetap per bulan Rp. 5.300.000,00
(Berarti total biaya pertahun adalah Rp. 5.300.000,00 x 12 = Rp. 63.600.000,00)
4)Estimasi Pendapatan Per Bulan
Charge per pelanggan datang adalah Rp. 75.000,00. Estimasi 300 orang per bulan.Laba per bulan = Rp. 75.000,00 x 300 orang = Rp. 22.500.000,00 (Berarti 1 tahun =Rp. 270.000.00,00)
5)Estimasi Laba Rugi Bersih Tahun Pertama
Pendapatan 270 jt
Biaya Bahan 70 jt
Biaya Usaha 63,6jt
Laba Bersih 136,4 jt
Jika tahun pertama berhasil membukukan laba, kemungkinan besar tahunberikutnya akan berlipat keuntungannya, dengan catatan pelanggan terus dijagadan dimanjakan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s